Tuesday, May 29, 2012

Kisah Al-Jassasah dan Dajjal


Terdapat hadith-hadith Rasulullah SAW - yang terkait tanda-tanda hari kiamat sangatlah perlu dan menduduki perang penting dalam menambah keimanan kita. Sekian banyak tanda-tanda datangnya hari akhir, hari di mana Allah SWT - benar-benar menunjukkan kuasa-Nya. Tentu saja ini berkaitan langsung dengan salah satu rukun iman, iaini beriman kepada Hari Akhirat.

Di antara hikmah yang Allah SWT sampaikan kepada manusia adalah dengan memberitahu tanda-tanda hari yang dahsyat ini. Satu hal yang pasti, di antara hikmah itu ialah agar umat Islam bertambah keimanan terhadap hari akhirat, hari di mana Allah SWT menyelesaikan riwayat dari kehidupan dunia ini. Hari akhirat di mana rangkaian kehidupan dari manusia yang pertama sampai yang terakhir harus disudahi.

Merenungi hadith-hadith, terkait tanda-tanda hari akhir ini juga membuahkan sikap tunduk, patuh akan perintah dan titah-Nya. Berserah diri kepada-Nya dengan seluruh jiwa dan raga. Tentunya seorang muslim yang demikian sifatnya, akan menambah dan terus berusaha menaikkan keimanannya.

Berikut adalah salah satu tanda hari akhirat iaini keluarnya Dajjal. Ini bukanlah sebuah cerita khayal mahupun kiasan-kiasan yang tidak ada hakikatnya. Bahkan ini adalah riwayat yang telah memiliki saksi sejarah dari kalangan manusia yang terbaik, iaitu para sahabat Rasulullah SAW.

Terdapat satu hadith yang diriwayatkan oleh al-Imam Muslim dalam kitab Shahih beliau, tepatnya dalam Kitabu al-Fitan wa Asyrathi as-Sa”ah, Bab Qishshatu al-Jassasah. Satu hadith yang cukup panjang dalam menceritakan secara runut apa yang terjadi pada masa Rasulullah SAW masih hidup. Satu hadith yang menceritakan keberadaan Dajjal di sebuah pulau, yang dilihat oleh seorang sahabat yang mulia, Abu Ruqayyah Tamim ad-Dari.


 Ini adalah teks hadith dari kitab Shahih Muslim no. 2942, ini disebutkan secara langsung pada ucapan Fathimah binti Qais :


 

فَلَمَّا انْقَضَتْ عِدَّتِي سَمِعْتُ نِدَاءَ الْمُنَادِي، مُنَادِي رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يُنَادِي: الصَّلَاةَ جَامِعَةً، فَخَرَجْتُ إِلَى الْمَسْجِدِ، فَصَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَكُنْتُ فِي صَفِّ النِّسَاءِ الَّتِي تَلِي ظُهُورَ الْقَوْمِ  فَلَمَّا قَضَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاتَهُ جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِ، وَهُوَ يَضْحَكُ، فَقَالَ: «لِيَلْزَمْ كُلُّ إِنْسَانٍ مُصَلَّاهُ» ، ثُمَّ قَالَ: «أَتَدْرُونَ لِمَ جَمَعْتُكُمْ؟» قَالُوا: اللهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: ” إِنِّي وَاللهِ مَا جَمَعْتُكُمْ لِرَغْبَةٍ وَلَا لِرَهْبَةٍ، وَلَكِنْ جَمَعْتُكُمْ، لِأَنَّ تَمِيمًا الدَّارِيَّ كَانَ رَجُلًا نَصْرَانِيًّا، فَجَاءَ فَبَايَعَ وَأَسْلَمَ، وَحَدَّثَنِي حَدِيثًا وَافَقَ الَّذِي كُنْتُ أُحَدِّثُكُمْ عَنْ مَسِيحِ الدَّجَّالِ، حَدَّثَنِي أَنَّهُ رَكِبَ فِي سَفِينَةٍ بَحْرِيَّةٍ، مَعَ ثَلَاثِينَ رَجُلًا مِنْ لَخْمٍ وَجُذَامَ، فَلَعِبَ بِهِمِ الْمَوْجُ شَهْرًا فِي الْبَحْرِ، ثُمَّ أَرْفَئُوا إِلَى جَزِيرَةٍ فِي الْبَحْرِ حَتَّى مَغْرِبِ الشَّمْسِ، فَجَلَسُوا فِي أَقْرُبِ السَّفِينَةِ فَدَخَلُوا الْجَزِيرَةَ فَلَقِيَتْهُمْ دَابَّةٌ أَهْلَبُ كَثِيرُ الشَّعَرِ، لَا يَدْرُونَ مَا قُبُلُهُ مِنْ دُبُرِهِ، مِنْ كَثْرَةِ الشَّعَرِ، فَقَالُوا: وَيْلَكِ مَا أَنْتِ؟ فَقَالَتْ: أَنَا الْجَسَّاسَةُ، قَالُوا: وَمَا الْجَسَّاسَةُ؟ قَالَتْ: أَيُّهَا الْقَوْمُ انْطَلِقُوا إِلَى هَذَا الرَّجُلِ فِي الدَّيْرِ، فَإِنَّهُ إِلَى خَبَرِكُمْ بِالْأَشْوَاقِ، قَالَ: لَمَّا سَمَّتْ لَنَا رَجُلًا فَرِقْنَا مِنْهَا أَنْ تَكُونَ شَيْطَانَةً، قَالَ: فَانْطَلَقْنَا سِرَاعًا، حَتَّى دَخَلْنَا الدَّيْرَ، فَإِذَا فِيهِ أَعْظَمُ إِنْسَانٍ رَأَيْنَاهُ قَطُّ خَلْقًا، وَأَشَدُّهُ وِثَاقًا، مَجْمُوعَةٌ يَدَاهُ إِلَى عُنُقِهِ، مَا بَيْنَ رُكْبَتَيْهِ إِلَى كَعْبَيْهِ بِالْحَدِيدِ، قُلْنَا: وَيْلَكَ مَا أَنْتَ؟ قَالَ: قَدْ قَدَرْتُمْ عَلَى خَبَرِي، فَأَخْبِرُونِي مَا أَنْتُمْ؟ قَالُوا: نَحْنُ أُنَاسٌ مِنَ الْعَرَبِ رَكِبْنَا فِي سَفِينَةٍ بَحْرِيَّةٍ، فَصَادَفْنَا الْبَحْرَ حِينَ اغْتَلَمَ فَلَعِبَ بِنَا الْمَوْجُ شَهْرًا، ثُمَّ أَرْفَأْنَا إِلَى جَزِيرَتِكَ هَذِهِ، فَجَلَسْنَا فِي أَقْرُبِهَا، فَدَخَلْنَا الْجَزِيرَةَ، فَلَقِيَتْنَا دَابَّةٌ أَهْلَبُ كَثِيرُ الشَّعَرِ، لَا يُدْرَى مَا قُبُلُهُ مِنْ دُبُرِهِ مِنْ كَثْرَةِ الشَّعَرِ، فَقُلْنَا: وَيْلَكِ مَا أَنْتِ؟ فَقَالَتْ: أَنَا الْجَسَّاسَةُ، قُلْنَا: وَمَا الْجَسَّاسَةُ؟ قَالَتْ: اعْمِدُوا إِلَى هَذَا الرَّجُلِ فِي الدَّيْرِ، فَإِنَّهُ إِلَى خَبَرِكُمْ بِالْأَشْوَاقِ، فَأَقْبَلْنَا إِلَيْكَ سِرَاعًا، وَفَزِعْنَا مِنْهَا، وَلَمْ نَأْمَنْ أَنْ تَكُونَ شَيْطَانَةً، فَقَالَ: أَخْبِرُونِي عَنْ نَخْلِ بَيْسَانَ، قُلْنَا: عَنْ أَيِّ شَأْنِهَا تَسْتَخْبِرُ؟ قَالَ: أَسْأَلُكُمْ عَنْ نَخْلِهَا، هَلْ يُثْمِرُ؟ قُلْنَا لَهُ: نَعَمْ، قَالَ: أَمَا إِنَّهُ يُوشِكُ أَنْ لَا تُثْمِرَ، قَالَ: أَخْبِرُونِي عَنْ بُحَيْرَةِ الطَّبَرِيَّةِ، قُلْنَا: عَنْ أَيِّ شَأْنِهَا تَسْتَخْبِرُ؟ قَالَ: هَلْ فِيهَا مَاءٌ؟ قَالُوا: هِيَ كَثِيرَةُ الْمَاءِ، قَالَ: أَمَا إِنَّ مَاءَهَا يُوشِكُ أَنْ يَذْهَبَ، قَالَ: أَخْبِرُونِي عَنْ عَيْنِ زُغَرَ، قَالُوا: عَنْ أَيِّ شَأْنِهَا تَسْتَخْبِرُ؟ قَالَ: هَلْ فِي الْعَيْنِ مَاءٌ؟ وَهَلْ يَزْرَعُ أَهْلُهَا بِمَاءِ الْعَيْنِ؟ قُلْنَا لَهُ: نَعَمْ، هِيَ كَثِيرَةُ الْمَاءِ، وَأَهْلُهَا يَزْرَعُونَ مِنْ مَائِهَا، قَالَ: أَخْبِرُونِي عَنْ نَبِيِّ الْأُمِّيِّينَ مَا فَعَلَ؟ قَالُوا: قَدْ خَرَجَ مِنْ مَكَّةَ وَنَزَلَ يَثْرِبَ، قَالَ: أَقَاتَلَهُ الْعَرَبُ؟ قُلْنَا: نَعَمْ، قَالَ: كَيْفَ صَنَعَ بِهِمْ؟ فَأَخْبَرْنَاهُ أَنَّهُ قَدْ ظَهَرَ عَلَى مَنْ يَلِيهِ مِنَ الْعَرَبِ وَأَطَاعُوهُ، قَالَ لَهُمْ: قَدْ كَانَ ذَلِكَ؟ قُلْنَا: نَعَمْ، قَالَ: أَمَا إِنَّ ذَاكَ خَيْرٌ لَهُمْ أَنْ يُطِيعُوهُ، وَإِنِّي مُخْبِرُكُمْ عَنِّي، إِنِّي أَنَا الْمَسِيحُ، وَإِنِّي أُوشِكُ أَنْ يُؤْذَنَ لِي فِي الْخُرُوجِ، فَأَخْرُجَ فَأَسِيرَ فِي الْأَرْضِ فَلَا أَدَعَ قَرْيَةً إِلَّا هَبَطْتُهَا فِي أَرْبَعِينَ لَيْلَةً غَيْرَ مَكَّةَ وَطَيْبَةَ، فَهُمَا مُحَرَّمَتَانِ عَلَيَّ كِلْتَاهُمَا، كُلَّمَا أَرَدْتُ أَنْ أَدْخُلَ وَاحِدَةً – أَوْ وَاحِدًا – مِنْهُمَا اسْتَقْبَلَنِي مَلَكٌ بِيَدِهِ السَّيْفُ صَلْتًا، يَصُدُّنِي عَنْهَا، وَإِنَّ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلَائِكَةً يَحْرُسُونَهَا، قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَطَعَنَ بِمِخْصَرَتِهِ فِي الْمِنْبَرِ: «هَذِهِ طَيْبَةُ، هَذِهِ طَيْبَةُ، هَذِهِ طَيْبَةُ» – يَعْنِي الْمَدِينَةَ – «أَلَا هَلْ كُنْتُ حَدَّثْتُكُمْ ذَلِكَ؟» فَقَالَ النَّاسُ: نَعَمْ، «فَإِنَّهُ أَعْجَبَنِي حَدِيثُ تَمِيمٍ، أَنَّهُ وَافَقَ الَّذِي كُنْتُ أُحَدِّثُكُمْ عَنْهُ، وَعَنِ الْمَدِينَةِ وَمَكَّةَ، أَلَا إِنَّهُ فِي بَحْرِ الشَّأْمِ، أَوْ بَحْرِ الْيَمَنِ، لَا بَلْ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ مَا هُوَ، مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ مَا هُوَ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ، مَا هُوَ» وَأَوْمَأَ بِيَدِهِ إِلَى الْمَشْرِقِ، قَالَتْ: فَحَفِظْتُ هَذَا مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Fathimah RA berkata, “Ketika masa “iddah-ku telah selesai, aku mendengar seruan orang yang berseru, penyeru Rasulullah SAW, menyeru “Ash-solatu Jami”ah”. Aku pun keluar menuju masjid lantas solat bersama Rasulullah SAW. Dan aku berada pada shaf wanita yang langsung berada di belakang shaf lelaki. Tatkala Rasulullah SAW selesai dari solatnya maka beliau duduk di mimbar dan tertawa seraya mengatakan, “Hendaknya setiap orang tetap di tempat solatnya.” Kemudian kembali berkata, “Apakah kalian tahu mengapa aku kumpulkan kalian?” Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Rasulullah SAW - melanjutkan, “Sesungguhnya –demi Allah-, aku tidak kumpulkan kalian untuk sesuatu yang menggembirakan atau menakutkan kalian. Namun aku kumpulkan kalian kerana Tamim ad-Dari. Dahulu ia seorang Nasrani lalu datang kemudian berbai’at dan masuk Islam serta memberitahuku sebuah kisah, sesuai dengan apa yang aku ceritakan kepada kalian tentang al-Masih ad-Dajjal.

Ia memberitahuku bahawa ia naik kapal bersama 30 orang dari Khabilah Lakhm dan Judzam. Lalu mereka dibawa oleh ombak hingga berada di tengah lautan selama satu bulan. Lalu mereka terdampar di sebuah pulau di tengah lautan tersebut saat tenggelamnya matahari. Mereka pun duduk (menaiki) perahu-perahu kecil. Setelah itu mereka memasuki pulau tersebut hingga menjumpai binatang yang berambut sangat lebat dan kaku. Mereka tidak tahu mana qubul dan mana dubur-nya, kerana demikian lebat bulunya. 

Mereka pun berkata, “Celaka kamu, apakah kamu ini?” Ia (binatang yang boleh berbicara itu) menjawab, “Aku adalah al-Jassasah.” Mereka mengatakan, “Apa al-Jassasah itu?” Ia justeru mengatakan, “Wahai kaum, pergilah kalian kepada lelaki yang berada di rumah ibadah itu. Sesungguhnya ia sangat merindukan berita kalian.” Tamim mengatakan, “Ketika dia menyebutkan untuk kami orang lelaki, kami khuatir kalau binatang itu ternyata syaitan.” Tamim mengatakan, “Maka kami pun bergerak menuju kepadanya dengan cepat sehingga kami masuk ke tempat ibadah itu. Ternyata di dalamnya ada orang yang paling besar yang tidak pernah kami lihat dan paling kuat ikatannya. Kedua tangannya terikat dengan lehernya, antara dua lututnya dan dua mata kakinya terikat dengan besi. Kami katakan, “Celaka kamu, apa kamu ini?” Ia menjawab, “Kalian telah mampu mengetahui tentang aku. Maka beritakan kepadaku siapa kalian ini?” Mereka menjawab, “Kami ini orang-orang dari Arab. Kami menaiki kapal ternyata kami bertepatan mendapati laut sedang bergelombang luar biasa, sehingga kami dibawa ombak selama satu bulan lamanya, sampai kami terdampar di pulaumu ini. Kami pun naik perahu kecil, lalu memasuki pulau ini dan bertemu dengan binatang yang sangat lebat dan kaku rambutnya. Tidak diketahui mana qubul-nya dan mana dubur-nya kerana lebatnya rambut. Kami pun mengatakan, “Celaka kamu, apa kamu ini?” Ia menjawab, “Aku adalah al-Jassasah.” Kami pun bertanya lagi, “Apa al-Jassasah itu?” Ia malah menjawab, pergilah ke rumah ibadah itu sesungguhnya ia sangat merindukan berita kalian. Maka kami pun segera menuju kepadamu dan kami takut dari binatang itu. Kami tidak merasa selamat kalau ternyata ia adalah syaitan.”

Lalu orang itu mengatakan, “Khabarkan kepadaku tentang pohon-pohon kurma di Baisan.”

Kami mengatakan, “Tentang apanya engkau meminta beritanya?”

“Aku bertanya kepada kalian tentang pohon kurmanya, apakah masih berbuah?” katanya.

Kami menjawab, “Ya.”

Ia mengatakan, “Sesungguhnya hampir-hampir ia tidak akan mengeluarkan buahnya. Khabarkan kepadaku tentang danau Thabariyyah.”

Kami jawab, “Tentang apa engkau meminta beritanya?”

“Apakah masih ada airnya?” jawabnya.

Mereka menjawab, “Danau itu banyak airnya.”

Ia mengatakan, “Sesungguhnya hampir-hampir airnya akan hilang. Khabarkan kepadaku tentang mata air Zughar.”

Mereka mengatakan, “Tentang apanya kamu minta berita?”

“Apakah di mata air itu masih ada airnya? Dan apakah penduduknya masih bertani dengan airnya?” jawabnya.

Kami katakan, “Ya, mata air itu deras airnya dan penduduknya bertani dengannya.”
 
Ia mengatakan, “Khabarkan kepadaku tentang Nabi Ummiyyin, apa yang dia lakukan?”

Mereka menjawab, “Ia telah muncul dari Makkah dan tinggal di Yatsrib (Madinah).”

Ia mengatakan, “Apakah orang-orang Arab memeranginya?”

Kami menjawab, “Ya.”

Ia mengatakan lagi, “Apa yang dia lakukan terhadap orang-orang Arab?” Maka kami beritakan bahawa “Ia telah menang atas orang-orang Arab di sekitarnya dan mereka taat kepadanya.”

Ia mengatakan, “Itu sudah terjadi?”

Kami katakan, “Ya.”

Ia mengatakan, “Sesungguhnya baik bagi mereka untuk taat kepadanya. Dan aku akan beritakan kepada kalian tentang aku, sesungguhnya aku adalah al-Masih. Dan hampir-hampir aku diberi izin untuk keluar sehingga aku keluar lalu berjalan di bumi dan tidak ku tinggalkan satu negeri pun kecuali aku akan turun padanya dalam waktu 40 malam kecuali Makkah dan Thaibah, keduanya haram bagiku. Setiap kali aku akan masuk pada salah satunya, malaikat menghalangku dengan pedang terhunus di tangannya, menghalangiku darinya. Dan sesungguhnya pada setiap celahnya (dua kota itu) ada para malaikat yang menjaganya.”

Fathimah mengatakan, “Maka Rasulullah SAW bersabda dengan menusukkan tongkatnya di mimbar sambil mengatakan, “Inilah Thaibah, inilah Thaibah, inilah Thaibah, yakni al-Madinah. Apakah aku telah memberitahu kepada kalian tentang hal itu?”

Orang-orang menjawab, “Ya.”

Rasulullah SAW- bersabda, “Sesungguhnya cerita Tamim menakjubkanku, di mana sesuai dengan apa yang kuceritakan kepada kalian tentangnya (Dajjal), serta tentang Makkah dan Madinah. Ketahuilah bahawa ia berada di lautan Syam atau lautan Yaman - tidak, bahkan dari arah timur. Tidak, dia dari arah timur. Tidak, dia dari arah timur. Tidak, dia dari arah timur - dan beliau mengisyaratkan dengan tangannya ke arah timur.”-

Fathimah mengatakan, 
 “Ini saya hafal dari Rasulullah SAW.”
Terjemah hadith di atas kami ambil dari tulisan majalah Asy-Syari”ah, dengan beberapa perubahan. Diterjemahkan oleh al-Ustadz Qamar ZA.

Faedah hadith, di antaranya:
  1. Dajjal ada wujudnya, berbentuk, memiliki tubuh, dan telah ada pada zaman Rasulullah SAW.
  2. Dajjal boleh berbicara, mendengar, dan memahami. Ini menguatkan bahawa Dajjal itu berwujud fisikal, bukan kiasan.
  3. Dalam hadith ini terdapat tanda kekuasaan Allah SWT dengan selamatnya rombongan sahabat Tamim ad-Dari setelah dibawa ombak selama satu bulan. Juga dengan adanya binatang yang boleh berbicara, sifat-sifatnya, dibelenggunya Dajjal serta pengetahuannya tentang tempat-tempat di muka bumi.
  4. Dajjal akan keluar selama 40 hari. Adapun berapa panjang hari-hari ketika keluarnya Dajjal telah dijelaskan dalam beberapa bab di dalam Shahih Muslim.
  5. Diterimanya berita dari seorang penyampai hadith, selama yang menyampaikan itu adalah seorang yang paling dipercayai.
  6. Keluarnya Dajjal adalah salah satu tanda dekatnya hari Akhirat.

No comments:

Post a Comment